19 January 2011

Paul Cézanne

Doodle kali ini menampilkan lukisan karya Paul Cézanne seorang pelukis asal Prancis. Hal ini untuk memperingati ulang tahun beliau yang ke-172 pada tanggal 19 Januari 2011. Pelukis yang dilahirkan di Aix-en-Provence, salah satu bagian dari daerah selatan Perancis pada tanggal 19 Januari 1839 banyak menginspirasi pelukis2 beraliran Fauvisme.

Karya-karya Paul Cézanne memperlihatkan keahlian desain, warna, dan komposisi. Goresannya yang repetitif, sensitif, menggairahkan, dan mengeksplorasi mengesankan karakterisasi yang kuat. Beberapa sentuhan kuasnya sudah cukup menggambarkan keseluruhan objek yang kompleks dan abstraksi-abstraksi yang didapatkannya dari alam. Lukisan Cézanne juga memperlihatkan studi subjektif yang teliti, pencarian, dan eksplorasi mendalam terhadap persepsi visual manusia. Untuk lebih lengkapnya mengenai biografi pelukis ini dapat dibaca di sini.
Penampakan beliau
Salah satu karya Paul Cézanne yang masuk dalam lukisan termahal sepanjang sejarah berjudul "Rideau,Cruchon et Compotier" yang laku terjual seharga $ 60,5 juta atau Rp 666 milyar. Lukisan tersebut dibeli oleh keluarga Whitneys.


1 comment:

indobrad said...

hebat ya bisa menggambar meja makan aja udah dapat gelar penulis terkenal. hihihihi